Ini Lho, 5 Kiat Diet Sehat yang Paling Tepat dan Hasilnya Bertahan Lama

Ini Lho, 5 Kiat Diet Sehat yang Paling Tepat dan Hasilnya Bertahan Lama

Sudah mencoba aneka diet tapi tidak pernah berhasil? Atau malah berat badan kembali ke semula setelah “cuti diet” beberapa hari saja?

Tidak banyak orang tahu, jika tidak semua cara diet cocok untuk semua orang.  Dan beberapa trik diet hanya akan memberi efek nyata hanya dalam waktu tertentu.

Nah, kiat diet sehat dari dokter dan konsultan gizi berikut ini akan membantu Anda mengatasi masalah diet yang Anda hadapi.

Kiat diet sehat untuk hasil yang memuaskan

#1. Modifikasi menu makanan Anda

Ingat tidak ketika pertama kali mengganti menu makanan dengan makanan diet, rasanya ingin terus-terusan ngemil? Hal ini sebetulnya wajar, bukan Anda kelaparan, tapi sebetulnya setiap hari kita makan makanan dengan jumlah yang sama. Karena itu, ketika mengurangi jenis makanan yang kita makan, tubuh akan terus-menerus mengirimkan sinyal ingin makan.

Jadi, bila saat ini Anda sedang ingin menurunkan berat badan, kiat diet sehat pertama yang harus Anda lakukan adalah mengganti jenis makanan Anda.

Ganti cemilan padat Anda dengan makanan yang rendah kalori, mengandung lebih banyak air (seperti sayur, buah-buahan, sup), tinggi serat (karbohidrat penuh atau biasa disebut whole grains, kacang-kacangan, buah-buahan, sayuran) dan rendah lemak.

Makanan yang tidak banyak mengandung air, seperti snack-snack yang gurih, roti, crackers, memiliki kalori lebih tinggi meskipun disebut sebagai makanan bebas lemak.

Dengan cara memodifikasi makanan ini, Anda akan tetap bisa memenuhi jumlah makanan yang tubuh inginkan, tapi kalori yang Anda masukkan tetap berkurang.

#2. Jauhi minuman dengan tambahan gula

Tubuh kita sebetulnya tidak mampu “mengenali kalori” yang berasal dari minuman manis. Itulah mengapa, tubuh terus-terusan minta tambahan kalori dengan cara mengirimkan sinyal lapar kepada otak kita.

Apapun jenis minuman dengan gula tambahan, meski disebut bebas lemak dan menggunakan gula alami, tetaplah mengandung kalori.

Jadi, kurangi ukuran cangkir latte Anda, dan sebisa mungkin batasi jumlah konsumsi minuman dengan gula tambahan.

#3. Mudahkan cara Anda memperhatikan jumlah kalori makanan

Banyak penelitian yang membuktikan jika budaya makan (lingkungan saat kita makan) dan intake makanan sangat berpengaruh terhadap diet. Dan dengan membangun budaya makan yang sehat, Anda akan dengan mudah mengkontrol jenis kalori yang masuk.

Mulailah dari perangkat makan yang Anda gunakan. Makanlah dari piring yang lebih kecil, mangkuk lebih kecil, dan gelas yang lebih ramping. Jauhkan makanan berkalori tinggi dari lemari, pantry, atau lemari pendingin Anda. Di meja makan, hanya makanan berkalori rendah yang boleh tersaji.

Masih kurang? Batasi jenis makanan berkalori Anda. Karena penelitian juga membuktikan, semakin bervariasi makanan Anda, semakin besar keinginan untuk makan.

#4. Jauhkan pikiran jika olah raga, harus selalu di gym

Hal yang satu ini sering membuat orang kemudian menunda-nunda rencana untuk berolah raga. Padahal intinya hanya membuat pernapasan kita lebih aktif, cukup 30 menit per hari, selama 5 kali seminggu, dengan 2 kali latihan pembentukan.

Pilihannya? Parkir di tempat yang lebih jauh dari kantor, turun di halte yang sedikit lebih jauh dari kantor, hang out di tempat-tempat bermain bowling dari pada ke bioskop atau kafe, dan masih banyak lagi.

#5. Stop berpikir “cuti diet”

Agar tidak bosan, kadang kita disarankan untuk cuti diet sehari atau dua hari di akhir pekan, atau saat liburan, menjelang perayaan dan masih banyak lagi.

Faktanya, pemikiran seperti ini justru membuat program diet semakin berantakan. Diet on and off seperti ini hanya mengganggu metabolisme dan cara tubuh mengenali pola makan Anda.

Jadi, ketika weekend tiba dan Anda ingin hang out bersama teman, dibanding memilih kafe dengan hidangan bakery, coba pilih kafe yang memiliki pilihan salad dan jus tanpa tambahan gula.

 

Lima kiat diet sehat diatas terdengar lebih mudah untuk dilaksanakan bukan? Jangan lupa lengkapi menu diet Anda dengan Fiforlif, agar proses penurunan berat badan lebih cepat terlihat nyata. Sampai jumpa di tips diet sehat berikutnya ya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *