Diet Sehat itu Sulit dan Mahal? Benarkah?

Diet Sehat itu Sulit dan Mahal? Benarkah?

Jika mendengar tentang diet sehat, hampir sebagian besar dari kita sudah enggan mendengarnya. Mengapa? Karena diet sehat seringkali dianggap rumit dan biasanya dianggap lebih mahal.

Padahal jika ingin bersedia lebih teliti dan sabar, cara diet sehat justru lebih murah, minim resiko, dan tentu saja, menghasilkan berat badan yang lebih ideal dalam jangka waktu lebih lama.

Diet sehat tidak sekedar menurunkan berat badan, namun juga sebuah perubahan gaya hidup. Kuncinya adalah mau berubah, dari semula yang tidak sehat, menjadi lebih sehat. Dari semula tidak perduli dengan jenis makanan yang masuk ke tubuh menjadi mau memilih mana yang baik untuk kesehatan, dan mana yang tidak.

Lalu bagaimana agar bisa menjalani diet yang sehat? trik berikut ini akan memandu Anda untuk melakukan diet dengan sehat dan aman.

Panduan diet sehat

#1. Konsultasilah pada dokter sebelum memulai diet

Konsultasi pada dokter ahli gizi adalah hal pertama yang sebaiknya Anda lakukan. Dokter akan memilihkan menyusunkan menu makanan yang seimbang untuk Anda. Dengan cara ini Anda akan terhindar dari membeli aneka makanan yang lebih mahal, yang mungkin sebetulnya tidak perlu Anda konsumsi.

#2. Jangan mudah tertipu dengan label-label yang berbau sehat

Makanan organik, fortified, zero calorie, biasanya diproses lebih lama, wajar jika harganya pun lebih mahal. Sayangnya, label-label tersebut juga tidak menjamin lebih sehat dibanding makanan lainnya.

Lebih baik pilihlah produk-produk segar dan produk hasil lokal. Selama Anda tidak memiliki masalah kesehatan (darah tinggi, diabetes dan lain sebagainya), Anda tidak perlu makanan dengan label atau diolah dengan cara tertentu.

#3. Variasikan dan seimbangkan

Diet seringklai identik dengan menahan lapar dan tidak makan. Padahal, inti dari diet adalah pola makan yang seimbang.

Agar tidak bosan variasikan menu makanan Anda. Disinilah pentingnya konsultasi pada dokter sebelum Anda mulai diet. Anda akan lebih mudah menyusun menu dibanding jika hanya menyusun sendiri tanpa mengetahui dengan past jenis makanan yang sebaiknya Anda konsumsi atau kurangi.

#4. Bandingkan dan pilih

Jika hendak membeli makanan kemasan, maka bandingkanlah terlebih dahulu manfaat yang akan diperoleh.

Sebagai contoh, minum jus di kafe kesayangan terdengar memang lebih sehat dan lebih murah dibanding minum fiforlif. Namun, terlalu sering minum jus dengan tambahan gula memiliki resiko menambah berat badan. Sementara fiforlif, meski sedikit lebih mahal beberapa rupiah, Anda akan mendapatkan manfaat yang lebih optimal.

 

Nah, masih berpikir jika diet sehat itu sulit dan mahal?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *