Latihan Kardio Jadi Cara Mengurangi Lemak di Perut, Begini Tipsnya!

Latihan Kardio Jadi Cara Mengurangi Lemak di Perut, Begini Tipsnya!

Cara mengurangi lemak di perut bisa dimulai dengan berlatih kardio secara intensif. Kardio mudah dilakukan dari manapun, mau di rumah atau gym, yang penting adalah motivasi untuk berolahraga.

Cara Mengurangi Lemak di Perut
Latihan Kardio Mengecilkan Perut

Kardio merupakan salah satu cara mengurangi lemak di perut melalui gerakan aktif.   Semakin konsisten melakukan kardio, makin efektif pula hasilnya. Perut ramping jadi tujuan utama, tapi masih banyak manfaat lain. Sebab, terlatihnya otot-otot tubuh akan membuat pinggang, lengan, dan paha lebih kencang dari sebelumnya.

Sulit dipungkiri kalau lewat kardio tidak selalu mudah. Problem gagal atau cepat menyerah, bahkan ada yang bobotnya justru bertambah.

Beberapa kekeliruan saat melakukan program kardio bisa saja terjadi. Misalnya karena merasa lelah dan lapar, Anda tak bisa menahan diri untuk menyantap nasi dengan lebih banyak lauk-pauk.

Akibatnya, kalori dan lemak perut yang mulai terbakar oleh kardio, justru diasupkan ulang. Maka, sendainya Anda sudah melakukan olahraga kardio, usahakan untuk makan atau minum dengan jumlah kalori dan lemak yang lebih sedikit, tapi tetap mampu menjaga energi. Karenanya jangan lupa sayuran, buah, asupan serat serta nutrisi lainnya.

Efektifkan Kardio sebagai Cara Kurangi Lemak

Pakar diet dan fitness, Denny Santoso menyebutkan, intensitas latihan akan berbeda untuk tiap orang, tergantung dari kadar lemaknya. Makin tinggi kadar lemak, kebutuhan kardio akan perlu waktu lebih lama.

Gerakan kardio menjadi kunci pembakaran kalori untuk dijadikan energi. Agar maksimal maka pola kardio akan lebih berhasil andaikan dapat dikombinasi bersama latihan kekuatan atau angkat beban.

Di samping itu, latihan otot perut juga sangat membantu, namun ingat untuk terlebih dulu melakukan gerak pemanasan.

Dengan latihan kardio secara intens, massa otot akan terbangun, begitupun metabolisme dan kemampuan tubuh saat membakar lemak.

Maka, bagaimana cara mengurangi lemak di perut lewat  kombinasi kardio, berikut ini tipsnya.

  1. Olahraga Kardio Sederhana

Kardio yang paling umum dilakukan adalah olahraga lari, jogging, jalan kaki, berenang, bersepeda, senam atau aerobik, dan lompat tali.  Kardio yang paling umum ini memang sangat baik untuk menjaga kebugaran tubuh, tapi masih belum sempurna, bila Anda ingin berhasil dengan cara mengurangi lemak perut.

  1. Berlatih Angkat Beban

Latihan angkat beban bagi pemula bisa menggunakan dumbblle. Beban ideal dumbbell sekitar 1,5 kg.

Waktu latihan selama 30 – 45 menit dapat berjalan sebelum olahraga kardio. Kombinasi kedua latihan ini diyakini mampu membakar lemak. Lakukan latihan beban 3 kali dalam seminggu dan selalu akhiri dengan kardio (minimal jalan cepat 20 menit).

Mengingat besarnya energi yang dibutuhkan, jangan melewatkan sarapan tinggi protein dan serat sebelum Anda mulai berlatih.

  1. Melatih Otot Perut

Selain kardio dan angkat beban, cara mengurangi lemak perut yang paling penting adalah berlatih otot perut.

Pengencangan otot tidak hanya melalui sit-up, crunch, atau squat saja. Gerakan simple yang juga sangat ampuh adalah variasi plank, waktu minimalnya selama 20 detik sampai 5 menit saja.

Posisi plank yang paling mudah yaitu meluruskan tubuh dalam posisi tengkurap dan setengah terangkat. Pertahankan posisi tersebut menggunakan lengan serta jari-jari kaki. Latihan plank akan melibatkan seluruh otot-otot tubuh dan secara khusus untuk otot perut. Plank dapat divariasikan sebelum atau sesudah berlatih kardio.

Demikian tadi cara mengurangi lemak di perut melalui intensitas olahraga dan latihan fisik. Semoga sukses dengan latihan Anda, dan jangan lupa melakukan pola diet yang kaya akan nutrisi!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *